Beberapa Wilayah di Jepara Sudah Mulai Panen

Petani sedang memanen padi di sawah. Saat ini di beberapa wilayah sudah mulai panen. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Petani sedang memanen padi di sawah. Saat ini di beberapa wilayah sudah mulai panen. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

JEPARA – Musim kemarau ini, beberapa wilayah di Kabupaten Jepara sudah mulai panen. Dari laporan yang diterima Dinas Pertanian dan Peternakan, yang sudah mulai panen ada di wilayah Jepara selatan. Meski demikian, pihaknya belum bisa menyebutkan secara detail terkait jumlah produksi hasil panen saat ini. ”Beberapa wilayah sudah panen. Tapi kami belum terima laporan secara tertulis berapa jumlah produksi hasil panennya. Sebab, panennya baru dimulai minggu-minggu ini,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Jepara, Wasiyanto kepada MuriaNewsCom, senin (27/7/2015).

Menurutnya, dari laporan lisan yang dia terima dari petugas lapangan. Hasil produksi masa panen ini cukup baik. Bahkan, sejumlah sawah yang sebelumnya terancam hama dan terancam kekeringan juga bisa diselamatkan.

”Yang terancam hama dan kekeringan itu usianya sudah tua. Jadi sudah bisa segera dipanen,” kata Wasiyanto.

Lebih lanjut dia mengemukakan, sebelumnya pihaknya juga telah meminta bantuan obat hama ke kota tetangga untuk mengatasi hama yang menyerang sejumlah area persawahan. Namun, nyatanya sudah bisa terselamatkan karena memang usia tanaman sudah tua dan sudah dapat dipanen. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)