Perhutani Purwodadi Gandeng BKSDA Jateng Temukan Harimau

tigre (e)GROBOGAN – Berita munculnya harimau di sekitar Dusun Sedangsuro, Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan langsung direspon pihak Perhutani KPH Purwodadi. Terkait masalah itu, pihak perhutani sudah menerjunkan personel ke lapangan untuk mengumpulkan data.”Begitu ada kabar soal munculnya hewan yang diduga harimau kita langsung ambil sikap. Beberapa staf didampingi petugas dari BKPH Bandungsari kita minta mengumpulkan keterangan dan data yang diperlukan lainnya,” ungkap Wakil Administratur Perum Perhutani KPH Purwodadi Ronny Merdyanto.

Meski sempat ditemukan bekas tapak kaki hewan mirip bentuk kaki harimau di sana, namun sejauh ini belum berani memastikan hewan yang sempat terlihat adalah benar-benar harimau. Bisa jadi adalah jenis kucing besar yang memang masih terdapat di kawasan hutan. Sebab, selama ini memang belum pernah ada kabar mengenai munculnya harimau di kawasan hutan.

Untuk memastikan hal itu, pihaknya akan menggandeng Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah yang lebih berkompeten menangani masalah tersebut. Dari pengumpulan data dilapangan nantinya digunakan untuk berkoordinasi dengan BKSDA.

Menurutnya, kawasan hutan paling dekat dengan Desa Bandungsari adalah petak 97 RPH Bandung. Di wilayah tersebut memang banyak terdapat pohon besar berusia sekitar 10 tahun. Adanya pepohonan besar ini kemungkinan jadi tempat pilihan hewan liar untuk bermukim di sana. (DANI AGUS/TITIS W)