Wow..Kawasan Desa Wedusan Banyak Ditemukan Jenis Batu Akik

Inilah beberapa jenis batu akik yang ditemukan di kawasan Desa Wedusan. (MuriaNewsCom/KHOLISTIONO)

Inilah beberapa jenis batu akik yang ditemukan di kawasan Desa Wedusan. (MuriaNewsCom/KHOLISTIONO)

PATI – Batu akik tengah menjadi tren masa kini. Hampir di semua daerah di Indonesia demam batu akik, termasuk di Kabupaten Pati. Tidak kalah dengan daerah lainnya, Pati juga memiliki batuk akik khas, yakni Jolo Sutro yang terdapat di Pati selatan atau di kawasan Pegunungan Kendeng.

Selain di kawasan Pati bagian selatan, ternyata di kawasan Pati bagian utara, tepatnya di Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti, ternyata juga menyimpan potensi batu akik yang jenisnya sangat beragam.

Baru-baru ini, beberapa warga menemukan belasan jenis batu akik, dengan kadar kekerasan yang cukup tinggi. Dari sekian batu yang ditemukan di lokasi yang berbeda, masing-masing memiliki corak dan warna yang berbeda.

Beberapa batu yang ditemukan di kawasan Desa Wedusan tersebut, antara lain batu tawang sado, puring, gendu, sendang mbelik, panca warna, tretes dan blirik. Di antaranya batu tersebut, ditemukan di sekitar aliran Sungai Puring.

”Dengan adanyanya booming batu akik ini, kami juga mencoba mengeksplorasi kekayaan alam yang ada di sekitar desa kami. Setelah beberapa bulan kami mencoba menelusuri sekitar aliran sungai dan bebukitan, ternyata cukup banyak jenis batu yang tak kalah menarik dengan batu dari daerah lain,” ujar Anshori, salah satu warga Desa Wedusan. (KHOLISTIONO)