Ponpes Al Muhammad Cepu Wajibkan Santrinya Sarungan

Santri saat mengikuti pengajian kitab kuning (MuriaNewsCom/PRIYO)

Santri saat mengikuti pengajian kitab kuning (MuriaNewsCom/PRIYO)

BLORA – Aktifitas di dalam pondok pesantren sangat lazim jika disuguhkan dengan adanya santri yang tetap mengenakan sarung. Baik itu dalam kegiatan formal maupun dalam kondisi santai.

Konsep adanya santri sarungan ini, hampir diterapkan di semua ponpes, bahkan ada ponpes yang mewajibkan santri tetap mengenakan sarung, dalam berbagai aktifitas. Seperti halnya di Ponpes Al Muhammad Cepu.

”Di sini, santri memang hukumnya wajib untuk mengenakan sarung dalam berbagai aktifitas. Tujuannya, mengajarkan para santri untuk hidup sederhana sekaligus melestarikan budaya,” ujar Pengasuh Ponpes Al Muhammad Cepu Abdul Halim, Rabu (8/7/2015).

Dirinya mengatakan, meski sederhana, namun hal tersebut perlu digalakkan, karena sejak dini santri harus dididik untuk bisa melakoni gaya hidup sederhana.
Selain itu, pendidikan agama menjadi hal penting bagi santri untuk bisa menguasai, sehingga nantinya dapat diterapkan di masyarakat.

”Selain mengenyam pendidikan formal, santri tentunya diajarkan lebih mengenai pendidikan agama. Bahkan, seperti Ramadan ini, meski waktunya libur, namun justru porsi mengaji kami tambah,” katanya. (PRIYO/KHOLISTIONO)