Kenali Jenis Baterai Sebelum Beli Ponsel

Seorang penggila ponsel baru menunjukkan batarai smartphone. Para konsumen wajib tahu baterai sebelum membeli ponsel. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Seorang penggila ponsel baru menunjukkan batarai smartphone. Para konsumen wajib tahu baterai sebelum membeli ponsel. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

KUDUS – Kecanggihan teknologi saat ini, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Serta menyempurnakan teknologi-teknologi sebelumnya.Seperti pada perkembangan jenis baterai pada ponsel. Saat ini, terdapat dua jenis baterai yang diterapkan yaitu jenis baterai tanam atau biasa disebut non-removable battery dan baterai yang dapat dilepas atau removable battery.

Ayun Roudlotust, salah satu karyawan dari Millenia Cellular di Jalan Veteran No 11 Kudus mengatakan masing-masing jenis baterai tersebut memiliki karakter yang berbeda dan perawatan yang berbeda.

”Pada jenis baterai biasa yang dapat dilepas akan lebih mudah penggantiannya karena baterai dijual bebas dipasaran,” ujarnya.

Namun kenyataannya baterai yang dapat dilepas memiliki kualitas dibawah baterai tanam. Hal tersebut dikarenakan pada baterai tanam merupakan penemuan terbaru untuk memberika kualitas baterai yang terbaik.

”Karena tidak dapat dilepas dan tersemat dalam ponsel maka baterai memiliki kualitas yang lebih baik. Sebab saat baterai rusak, maka pengguna harus membawa ke servis center atau mengganti ponsel sekaligus,” ungkapnya.

Untuk saat ini penggunaan baterai tanam banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru. Baterai ini identik dengan smartphone unggulan dari vendor.

Ayun menambahkan, baterai tanam biasanya memiliki kapasitas daya yang lebih besar. “Selain merupakan teknologi baru, smartphone yang mengusung juga jenis high entry sehingga membutuhkan daya yang besar untuk menunjang berbagai keperluan,” paparnya. (AYU KHAZMI/SUPRIYADI)