Angka Kejahatan Didominasi Pencurian Kendaraan Bermotor

f-kejahatan (2) (e)PATI – Salah satu jenis kejahatan yang sering terjadi menjelang Lebaran, antara lain pencurian kendaraan bermotor, pencurian di rumah kosong, hingga perampasan harta benda di jalanan yang cenderung sepi.

“Kami akan berkoordinasi dengan jajaran Polsek di masing-masing kecamatan, terutama daerah rawan kejahatan untuk meningkatkan keamanan. Kami berupaya untuk bekerja ekstra untuk menjaga keamanan menjelang hingga pascalebaran,” ujar Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho HP melalui Kasat Reskrim AKP Agung Setyo kepada MuriaNewsCom.

Kendati begitu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan langkah preventif dengan menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang digawangi masyarakat. Dengan begitu, ada kolaborasi penjagaan keamanan lingkungan dari sisi kepolisian maupun warga.

“Tongtek yang membangunkan warga untuk sahur juga bisa dijadikan kegiatan untuk mengantisipasi kejahatan. Ini mesti dihidupkan sampai Ramadan selesai. Setelah itu, penjagaan ronda malam dan siskamling harus dihidupkan kembali,” imbaunya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)