Menjelang Lebaran Penjualan Sepeda di Grobogan Naik

Penjual sepeda digrobogan melayani pembeli yang datang. Menjelang Lebaran ini penjualan sepeda mengalami kenaikan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Penjual sepeda digrobogan melayani pembeli yang datang. Menjelang Lebaran ini penjualan sepeda mengalami kenaikan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

GROBOGAN – Menjelang masuknya tahun ajaran baru tampaknya membawa berkas bagi sejumlah pedagang sepeda. Dimana, momen tahunan ini menyebabkan penjualan sepeda sedikit naik dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. ”Penjualan sepeda memang ada sedikit kenaikan dibandingkan beberapa hari lalu. Kondisi ini sudah biasa terjadi saat akhir tahun ajaran hingga mendekati waktu sekolah masuk nanti,” ujar Sugeng penjual sepeda di pasar Danyang, Purwodadi belum lama ini.

Dia menyatakan, dalam tiga hari terakhir, dia bisa menjual tiga sampai lima sepeda per hari. Kebanyakan pembeli mencari sepeda baru untuk hadiah bagi putra-putrinya yang naik kelas atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Misalnya, dari SD sekolah ke SMP.

”Ada juga yang membelikan sepeda buat anaknya yang dapat rangking di sekolahnya. Selain sepeda baru, sepeda bekas juga cukup laku,” ujarnya.

Beberapa pedagang sepeda di kota Purwodadi juga menyatakan hal yang sama. Menurut mereka, sepeda yang dicari orang saat ini adalah sepeda yang harganya dibawah Rp 1 juta.
”Tahun lalu, sepeda yang harganya diatas Rp 1 juta banyak pembelinya. Tapi saat ini pembeli maunya sepeda yang agak murah dikit. Maklum, apa-apa sekarang mahal jadi banyak orang ikut berhemat,” imbuh Cipto penjual sepeda lainnya. (DANI AGUS/SUWOKO)