Waktu Pendaftaran Jurusan Ukir di SMK 2 Jepara Diperpanjang

f-Ukir (e)

Sarasehan alumni jurusan ukir SMK 2 Jepara. Kali ini, jurusan ukir yang kembali dibuka setahun lalu minim peminat, sehingga pendaftaran diperpanjang (MuriaNewsCom/WAHYU KZ)

JEPARA – Jurusan Ukir di SMK 2 Jepara minim peminat. Bahkan, sampai pada batas waktu normal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sampai 27 Juni lalu hanya mendapatkan 13 siswa. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga akhirnya memberi tambahan waktu kepada SMK 2 Jepara untuk melaksanakan PPDB. Diharapkan dengan tambahan waktu yang diberikan, Jurusan Dekorasi Ukir Kayu, bisa mendapatkan tambahan siswa.

Hal itu disampaikan Kepala SMK 2 Jepara Sudarto. Menurut Sudarto, perpanjangan waktu pendaftaran untuk jurusan Ukir, dilaksanakan sampai kuota kelas terpenuhi, atau sampai tahun ajaran baru dimulai pada 9 Juli mendatang.

“Jika sebelum masuk sekolah sudah terpenuhi, maka perpanjangan waktu pendaftaran akan langsung ditutup,” ujar Sudarto kepada MuriaNewsCom, Selasa (30/6/2015).

Lebih lanjut dia katakan, jika tahun ajaran baru sudah dimulai namun belum mencapai kuota, maka berapapun yang mendaftar akan tetap dibuka kelas baru untuk jurusan tersebut.

“Kami sudah berkordinasi dengan Disdikpora soal ini. Kami diberi kesempatan untuk membuka pendaftaran bagi Jurusan Dekorasi Ukir Kayu sampai memenuhi kuota,” katanya.

Pada hari terakhir, untuk Jurusan Dekorasi Ukir Kayu hanya mendapatkan 13 pendaftar. Sedangkan, sesuai dengan kuota yang ditetapkan, untuk satu kelas harus ada minimal 36 siswa. Khusus untuk Jurusan Dekorasi Ukir Kayu yang merupakan jurusan langka di SMK 2, ada pengecualian untuk jumlah minimal setiap kelas. Pada jurusan ini jika sudah ada 20 pendaftar maka kelas sudah bisa dibuka. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)