Jurusan Baru Jadi Penyebab Minimnya Minat Siswa Ambil Jurusan Ukir

 

f-ukir (2) (e)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melihat lomba ukir usai meresmikan jurusan ukir setahun lalu di Jepara. Kini, adanya jurusan-jurusan lain justru membuat jurusan ukir minim peminat. (MuriaNewsCom/WAHYU KZ)

JEPARA – Dibukanya jurusan-jurusan baru,di antaranya Tehnik Furniture dituding menjadi salah satu penyebab minimnya minat pendaftar ke jurusan ukir. Hal itu disampaikan Kepala SMK 2 Jepara, Sudarto.Menurutnya, Jurusan baru ini bahkan sudah banjir pendaftar sejak hari pertama dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pada hari kedua PPDB, jumlah pendaftar bahkan sudah melebih kuota. Hal yang sama juga terjadi di jurusan Desain Produksi Kria Kayu, yang juga kebanjiran pendaftar.

“Mereka yang berminat untuk mendaftar di jurusan ini diberi kesempatan untuk mendaftarkan secara langsung ke SMK 2 Jepara,” ujar Sudarto kepada MuriaNewsCom, Selasa (30/6/2015).

Lebih lanjut dia mengemukakan, proses pendaftaran yang semula dilakukan dengan sistem online, untuk masa pendaftaran perpanjangan ini tidak digunakan lagi. Pendaftar harus datang langsung ke SMK 2 dan mendaftarkan diri secara manual.

”Silahkan segera mendaftarkan diri langsung ke SMK 2 Jepara, akan langsung di terima. Perpanjangan pendaftaran untuk Jurusan Dekorasi Ukir Kayu, masih akan terus dibuka sampai terpenuhi kuota muridnya,” tambah Sudarto. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)