Jambu Demak Penuhi Kota Kudus

Agus berada di depan lapak jualannya (MuriaNewsCom/HANA RATRI)

Agus berada di depan lapak jualannya (MuriaNewsCom/HANA RATRI)

KUDUS – Penjual buah musiman selalu mengisi ruang publik di Kota Kudus. Seperti saat bulan Ramadan kini, penjual buah jambu air merah atau Jambu Demak berterbaran di berbagai lokasi di Kudus. Salah satunya di sepanjang Jalan Besito Raya. Agus Sudarno, salah satu penjual jambu mengatakan, dirinya mulai menjual jambu air sebelum Ramadan. Buah jambu yang dijualnya ini didatangkan dari Demak. Harganya pun sangat terjangkau yakni Rp 15 ribu per kilogram.

“Jambu ini saya datangkan dari Demak. Kebetulan jambu air ini khas Demak. Berbeda dengan jambu air lainnya. Jambu ini kalau dimakan rasanya hampir mirip dengan buah apel,” kata Agus.

Ditemui di lapak jualannya, Agus mengatakan, buah jambu air ini tidak mengandung bahan kimia apapun. Untuk itu, bentuk wajah buah tersebut tidak mengkilap, tetapi seperti buah yang hampir busuk.

“Ini bukan jelek atau busuk buahnya. Justru buah jambu yang manis ya seperti ini. Istilahnya terlalu matang sehingga bentuknya seperti ini,” ungkap Agus.

Pada bulan Ramadan ini, peminat Jambu Demak cukup tinggi. Hal ini, karena buah jambu cukup segar untuk menu berbuka atau asupan vitamin. Meski dijual dengan harga per kilogram, Agus tetap melayani pembeli yang ingin membeli kurang dari satu kilogram.(HANA RATRI/KHOLISTIONO)