Ini Baru Ngabuburit, Beri Makan Kera di Gua Terawang

Warga memberi makan kera di Gua Terawang, Selasa (30/6/2015). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menunggu datangnya waktu buka puasa. (MuriaNewsCom/Priyo)

Warga memberi makan kera di Gua Terawang, Selasa (30/6/2015). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menunggu datangnya waktu buka puasa. (MuriaNewsCom/Priyo)

BLORA –  Banyak orang yang melakukan berbagai macam hal untuk menunggu berbuka puasa atau sering disebut ngabuburit. Seperti yang di lakukan warga sekitar Gua Terawang. Warga daerah tersebut memiliki tontonan setiap sorenya sambil nunggu buka puasa, yakni melihat dan memberi makan kera yang ada di gua yang terletak di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan.

“Sambil nunggu buka puasa sambil memberi melihat dan memberi makan kera yang ada di Gua Terawang,” jelas Nucky Septian, salah satu warga, Selasa (30/6/2015).

Menurutnya kegiatan seperti ini sering ia lakukan saat bulan puasa tiba. Bahkan tidak hanya dari daerah sekitar saja yang datang untuk ngabuburit dengan melihat kera bergelantungan di pohon. Bahkan ada mereka yang turun menyapa warga yang ada di bawah.

“Biasanya yang ke sini dengan keluarga atau dengan keponakan untuk sekedar melihat kera yang ada di Gua Terawang. Tak lebih mereka datang dengan membawa makanan berupa kacang atau jgung untuk lebih dekat melihat kera,” ungkapnya.

Selain itu, ngabuburit dengan melihat kera dinilai positif. Selain bisa memberi wawasan pengetahuan dengan anak-anak ngabuburit melihat kera juga salah satu wujud kecintaan pada binatang.

“Dari pada melakukan hal yang lain, ngabuburit melihat kera ini juga bisa menjadi edukasi buat para anak-anak yang menonton dan ini tentu sangat positif,” terang Nucky yang bersama keponakannya. (PRIYO/SUWOKO)