Ini Manfaat Donor Darah Saat Puasa

Seorang petugas tengah memindah kantong darah di Kantor PMI Pati, Senin (29/6/2015). (MuriaNewsCom/LISMANTO)

Seorang petugas tengah memindah kantong darah di Kantor PMI Pati, Senin (29/6/2015). (MuriaNewsCom/LISMANTO)

PATI – Humas unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati Safaati mengatakan, donor darah saat puasa tak masalah jika ditinjau dari segi kesehatan. Bahkan, ia menambahkan jika MUI juga tidak melarang donor darah selama puasa.Hal itu disampaikan untuk menanggapi banyaknya umat Muslim di Pati yang enggan donor darah selama puasa. PMI Pati mengklaim terjadi penurunan pendonor darah sebanyak 75 persen ketimbang hari biasa.
“Donor darah selama puasa tidak ada masalah, baik dari segi kesehatan maupun agama. Apalagi, MUI sudah memberikan fatwa bahwa donor darah tidak membuat batal puasa,” ujarnya kepada MuriaNewsCom, Senin (29/6/2015).
Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk donor selama puasa. Justru, kata dia, donor darah selama Ramadan bisa memberikan manfaat kepada sesama sehingga akan memberkahi.
“Kalau takut lemas setelah donor, sebaiknya donor pada jam-jam menjelang buka atau sesudah buka. Kami buka layanan 24 jam. Jangan lupa minum air putih yang banyak,” tandasnya. (LISMANTO/SUWOKO)