Antisipasi Lebaran, PMI Grobogan Butuh Darah

Petugas PMI Grobogan sedang mengecek stok darah (MuriaNewsCom/DANI AGUS)

Petugas PMI Grobogan sedang mengecek stok darah (MuriaNewsCom/DANI AGUS)

GROBOGAN – Meski saat ini masih punya banyak persediaan darah, namun pihak PMI Grobogan berharap adanya tambahan darah dari para pendonor. Hal itu diperlukan sebagai langkah antisipasi persediaan darah saat lebaran nanti.Kepala P2D2S PMI Grobogan Ahmad Jamari menyatakan, sebelum puasa lalu pihaknya berhasil mengumpulkan persediaan darah hingga 500 kantong. Meski sudah banyak terpakai namun hingga saat ini stok yang ada dirasa masih mencukupi selama bulan Ramadan.
Namun, untuk mengantisipasi kebutuhan darah pada masa lebaran, pihaknya berupaya menambah persediaan dengan mengadakan kegiatan donor darah massal di beberapa titik selama bulan Ramadan. Salah satunya di Masjid Besar Baitul Makmur Purwodadi malam ini selepas tarawih.
Jamari mengharapkan kerelaan masyarakat untuk menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan pada bulan puasa ini. Dia menegaskan, pada dasarnya, melakukan donor darah pada saat berpuasa tidak masalah atau tidak membahayakan.
”Sebenarnya, tidak masalah dengan donor darah pada saat Ramadan. Meski demikian, kalau ragu-ragu bisa melakukan donor pada malam hari usai berbuka atau tarawih,” imbuhnya.
Ditambahkan, selama bulan Ramadan, jumlah pendonor darah memang turun drastis. Dimana, pendonor per hari hanya sekitar tiga orang. Sementara sebelum puasa, jumlah pendonor bisa mencapai 25 orang sehari. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)