Solusi Hilangkan Kulit Wajah Mengelupas saat Puasa

Ilustrasi

Ilustrasi

KUDUS – Cuaca yang panas akan membuat kulit menjadi kering dan akhirnya mengelupas. Bagian kulit yang biasanya akan mudah terkelupas adalah wajah. Tentu saja kulit yang terkelupas pada bagian wajah akan merusak penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.
Resiko pengelupasan kulit akan semakin besar dialami terutama saat bulan puasa. Sebab tubuh akan mengambil cadangan makanan yang tersimpan dalam tubuh. Aliya, salah satu dokter di Muntira Skin Care mengatakan, pada dasarnya kelembaban kulit bergantung pada asupan nutrisi serta kadar air dalam tubuh. ”Jika nutrisi sudah tercukupi dengan mengkonsumsi buah, sayur dan makanan yang bergizi lainnya, maka mengkonsumsi air pun harus sesuai dengan takaran kesehatan,” ujarnya.
Dalam sehari, seseorang diharapkan memenuhi kebutuhan air tubuh sebanyak 3 liter. Peran air yang sangat penting sebagai zat pengantar segala nutrisi yang juga memengaruhi kelembababan kulit harus tetap diperhatikan, terlebih saat puasa.

Saat berpuasa, tubuh menyesuaikan dengan kebutuhannya dengan kondisi lingkungan yang terjadi. “Karena saat puasa tidak ada asupan makanan yang masuk dalam waktu yang cukup lama, maka untuk memenuhinya, tubuh mengambil cadangan makanan dalam tubuh, seperti halnya pada jaringan kulit,” jelasnya.

Terlebih saat cuaca panas, tubuh membutuhkan banyak air untuk mempercepat metabolisme, sehingga air dalam kulit akan diserap. Semakin banyak cadangan air yang diambil, maka kulit akan semakin kering dan akhirnya mengelupas. Untuk itu, saat bulan puasa dianjurkan untuk memperbanyak nutrisi dan air. “Keduanya adalah faktor penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat,” terangnya.

Jika dalam waktu yang lama kulit terus mengelupas, maka akan membuat lapisan kulit menjadi tipis. Sehingga akan rentan terkena penyakit kulit akibat debu, kuman, angin, dan berbagai hal yang dapat merusak jaringan kulit. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)