Masuk Panen Raya, Harga Padi di Grobogan Malah Turun

f-panen (e)

Petani di Grobogan sedang melakukan panen padi (MURIANEWS/DANI AGUS)

GROBOGAN – Harga padi hasil panen musim tanam (MT) II mengalami penurunan dibandingkan saat panen MT I sekitar Maret lalu. Dari informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, harga kering panen (HKP) saat ini berkisar Rp 4.000-4.500 per kilo. Sementara saat MT I lalu, HKP bisa berkisar Rp 6.500 per kilonya.Sejumlah petani di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh menyatakan, hasil panen kali ini memang tidak sebaik jika dibandingkan MT I lalu. Hal ini terjadi lantaran memasuki musim pancaroba, dimana cuaca siang hari sangat menyengat. Kondisi ini berpengaruh pada cepat keringnya buliran padi, sehingga bobotnya ringan lantaran isinya tidak bisa padat.

”Kondisi tanaman saat ini dengan MT I lalu memang beda jauh. Jadi, kalau harganya turun bisa dimaklumi,” ungkap Sumardi, salah seorang petani di Krangganharjo.

Meski harganya turun dibanding panen sebelumnya, namun para petani mengaku masih bisa memetik keuntungan. Hanya saja, untung yang didapat tidak bisa dinikmati semuanya,karena sebagian dipakai untuk persiapan tanam selanjutnya. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)