Warga Kendeng Gelar Upacara Wiwit Tanam

Warga Kendeng sedang duduk di depan sesaji yang akan digunakan untuk menggelar upacara wiwit tanam padi organik di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Senin (15/5/2015). (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Warga Kendeng yang tergabung dalam Musyawarah Masyarakat Pati untuk Kendeng Sejahtera (Mustika) bekerja sama dengan Nusantara Organic SRI Center menggelar upacara wiwit tanam padi organik System of Rice Intensification (SRI) di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Senin (15/6/2015).

Acara tersebut sebagai implementasi dari pelatihan menanam padi organik yang sudah digelar beberapa waktu lalu. “Kami berharap agar upacara wiwit penanaman padi organik ini berjalan lancar,” ujar Wakil Bupati Pati Budiyono.

Ia mengatakan, Pati merupakan salah satu kabupaten pemasok beras terbesar di Indonesia. Karena itu, ia berharap ada terobosan yang lebih kreatif.

“Padi organik itu bebas dari bahan kimia. Dalam jangka yang lebih panjang, kami berharap agar Pati menjadi salah satu pemasok beras organik di Pati,” pungkasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)