Pengumuman Adipura Ditunda Hingga Agustus

Salah seorang pengguna jalan melintas di Tugu Adipura yang berdiri di depan kantor DPRD Blora. Blora terakhir meaih Adipura pada tahun 2010 lalu. (MURIANEWS/PRIYO)

BLORA – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Blora Wahyu Agustini masih menunggu pengumuman Adipura 2015. Pasalnya, hingga saat ini pengumuman tersebut tak kunjung dilakukan. 

 

Padahal, jika menilik di tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) biasa mengumumkan pemenang Adipura tanggal 5 Juni, tepat di Hari Lingkungan Hidup.

”Hingga hari ini belum ada tanda-tanda akan ada pengumuman. Dari informasi yang kami terima, pengumumannya ditunda dan baru diumumkan pada bulan Agustus mendatang,’’ kata Kepala BLH Blora Wahyu Agustini, Senin (15/6/2015).

Menurutnya, penundaan terjadi karena pejabat pimpinan tinggi madya (Eselon 1A) di Kementerian LHK yang antara lain membidangi program Adipura dan Kalpataru baru saja dilantik pekan lalu.

”Meski pengumuman ditunda, namun proses penilaian program Adipura tetap berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan. Penilaian tahap kedua atau penilaian akhir telah dilaksanakan Mei 2015 kemarin” ungkapnya.

Dalam proses penilaian, tim penilai memang datang ke setiap kabupaten dan kota untuk melakukan penilaian. Namun, hingga saat ini hasil penilaian itu belum disampaikan ke daerah. Penilaian tahap kedua itulah yang menjadi penentu diperolehnya penghargaan Adipura.

”Kami belum tahu nilai yang diraih Blora berapa di penilaian tahap kedua., Yang pasti kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Apakah meraih Adipura atau tidak,kami masih tunggu pengumumannya,’’ terangnya.

Sekedar diketahui Blora terakhir meraih Adipura pada tahun 2010 lalu. Saat ini kabupaten yang juga dijuluki Kota Mustika tersebut berambisi meraih Adipura. (PRIYO/SUPRIYADI)