Blanko e-KTP Tak Kunjung Datang, Masyarakat Hanya Diminta Sabar

Masyarakat sedang mengurus e-KTP di Disdukcapil Kudus (MURIANEWS/FAISOL HADI)

KUDUS – Hingga saat ini blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri masih belum dikirimkan ke Kudus. Keadaan tersebut membuat masyarakat masih banyak yang belum mendapatkan e-KTP.

Terkait hal ini, instansi terkait meminta masyarakat lebih sabar untuk menunggu e-KTP jadi.

Kepala Bidang Informasi dan Penyimpanan Data, pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus, Busono, mengatakan, meski saat ini Kemendagri telah melakukan pengadaan blanko, namun dirinya belum tahu kapan blangko e-KTP akan dikirimkan ke kabupaten/kota, termasuk di Kudus.

”Agar masyarakat Kudus tidak terombang – ambing terkait masalah ini, maka kami telah mengeluarkan surat edaran kepada kepala SKPD, pimpinan perbankan, Direktur BUMN/BUMD dan Direktur RSUD. Surat edaran tersebut berdasarkan surat edaran dari Kemendagri,” kata Busono kepada murianews.com.

Isi dari surat tersebut, lanjutnya,  untuk sementara masyarakat Kudus dapat mengurus segala keperluannya dengan menunjukkan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP.

Dia mengaku, sebelum pihaknya mengeluarkan surat edaran ke SKPD, perbankan, BUMN/BUMD serta RSUD, memang banyak masyarakat yang mengeluh terkait persyaratan pelayanan yang harus menggunakan KTP. (FAISOL HADI/KHOLISTIONO)