Stan PMI Kudus di Car Free Day Dipadati Antrean

Petugas PMI Kudus menyiapkan perlengkapan donor darah di Kawasan Alun-alun Kudus. (MURIANEWS/IQBAL NA’IMY)

KUDUS – Langkah PMI Kudus yang mendirikan stan di Car Free Day yang dihelat di Alun-alun Kudus terbilang sukses. Selain mampu memenuhi target 50 pendonor, stan dengan mobil PMI tersebut juga banjir pendonor.

Beberapa pendonor yang mendaftarkan diri bahkan rela mengantre untuk melakukan donor darajh. Salah satu pendonor, Agus Songkeng dari Welahan mengaku baru pertama kali ini mendonor darahnya di dalam bis ber-AC.

“Donor darah sudah tiga kali, tapi sebelumnya selalu di dalam ruangan di sekolah. Ini pertama kalinya saya donor darah di atas kursi donor dan bis ber-AC yang membuat saya nyaman,” ungkap Agus.

Pendonor sebisa mungkin dibuat nyaman dan kerasan ketika melakukan transfusi darah. Karena, prosesnya sendiri memakan waktu bervariatif. ”Waktu mendorong antara 5-15 menit, tergantung besar kecilnya pembuluh darah seseorang. Kalau kecil, agak lama,” kata Alex, seorang petugas PMI.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kudus dr Annathesea sendiri mengaku antusiasme pendonor baru cukup banyak. “Disini (depan Pendopo dan gereja) lebih prosektif ketimbang di mall. Terlebih, dengan bis ini lebih mudah menarik minat pendonor yang malas ke kantor PMI,” pungkas Anna. (IQBAL NA’IMY/SUPRIYADI)