PMI Kudus Pikat Peserta Car Free Day Lakukan Donor Darah

Petugas PMI Kudus menyiapkan perlengkapan donor darah di Kawasan Alun-alun Kudus. (MURIANEWS/IQBAL NA’IMY)

KUDUS – Ada yang berbeda di Car Free Day Kudus yang bertempat di Alun-alun Kudus, Minggu (14/6/2015), hari ini. Sebuah minibus warna putih berhiaskan logo PMI Kudus diparkir tepat di depan Pendopo Kabupaten Kudus lengkap dengan peralatan donor.

Beberapa petugas yang mengenakan warna kemeja merah khas PMI pun sibuk menyiapkan peralatan. Termasuk kantong-kantong darah yang akan digunakan untuk menampung darah hasil donor.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kudus dr Annathesea bahkan terjun langsung untuk memikat para peserta Car Free Day melakukan donor. Maklum saja, hari ini, Minggu 14 Juni merupakan hari Donor Darah Sedunia, hari keramat bagi PMI untuk menggenjot donor darah.

”Kami sengaja mengadakan donor darah bertepatan dengan even donor darah sedunia yang jatuh hari ini. Semoga saja pemilihan tempat di Alun-alun Kudus yang bertepatan dengan acara Car Free Day ini manjur,” kata dr Annathesea, Minggu (14/6/2015).

Even ini sendiri, lanjutnya, rencananya akan berlanjut hingga 30 Juni mendatang. Bus sumbangsih PMI Pusat senilai Rp 500 juta itu akan ‘ngetem’ di depan Pendopo tiap Sabtu malam dan ke beberapa gereja yang ada di Kudus Minggu paginya.

”Targetnya pagi ini 50 peserta mendonorkan darahnya, namun sampai sekarang sudah lebih dari 30 pendonor. Jika antusiame masyarakat masih membludak, kami layani sampai nanti,” tandas Anna. (IQBAL NA’IMY/SUPRIYADI)