Warga Kendeng Diminta Tunggu Keputusan Menteri Kehutanan

Administratur Perhutani KPH Pati Dadang Harjianto (pertama dari kiri) tengah memberikan penjelasan dalam audiensi kepada warga JMPPK di Perum Perhutani Pati, Rabu (3/6/2015). (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Sejumlah perwakilan warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) menggelar audiensi di Perum Perhutani Pati, Rabu (3/6/2015). Dalam audiensi tersebut, warga meminta penjelasan soal keberlangsungan hutan yang ada di wilayah Pegunungan Kendeng.

Menanggapi hal tersebut, Administratur Perhutani KPH Pati Dadang Harjianto meminta agar warga menunggu keputusan dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Soal hutan di Pegunungan Kendeng, tunggu saja keputusan dari pihak kementerian. Kami tidak punya wewenang untuk masalah itu,” ujarnya, Rabu (3/6/2015).

Ia menuturkan, kewenangan administratur BLH Pati tidak bisa memberikan keputusan soal masalah tersebut. “Sembari kita menunggu keputusan menteri, lebih baik kita bersama-sama membangun hutan,” imbuhnya.

Selama ini kawasan Pegunungan Kendeng memang sudah minim hutan. Karena itu, pihaknya mengajak warga untuk peduli terhadap hutan dan lingkungan, jika memang yang dipersoalkan masalah tersebut. (LISMANTO/KHOLISTIONO)