BLH Pati: Dokumen Amdal Sudah Sesuai Prosedur

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pati Purwadi (ketiga dari kanan) tengah menjelaskan kepada sejumlah perwakilan warga Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) di Perum Perhutani Pati, Rabu (3/6/2015). (MURIANEWS / LISMANTO)

PATI – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pati Purwadi menegaskan, dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) terkait dengan pendirian pabrik semen di Pegunungan Kendeng sudah sesuai dengan prosedur. Hal ini disampaikan Purwadi saat menanggapi pertanyaan warga Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK), saat menggelar audiensi di Perum Perhutani Pati, Rabu (3/6/2015).

 

“Pejabat pemerintahan tidak mungkin membuat amdal yang ngawur. Dokumen amdal dibuat dengan melibatkan banyak pihak, termasuk soal lingkungan. Semua sudah dipikirkan matang-matang,” ujarnya di hadapan peserta audiensi.

Ia menambahkan, pertimbangan mendirikan pabrik semen bukan hanya memikirkan soal lingkungan yang memang sudah diantisipasi melalui penelitian yang melibatkan pakar lingkungan. Lebih dari itu, kata dia, hal tersebut sudah melalui kajian yang mendalam mengenai dampak positif. Salah satunya, perkembangan perekonomian warga Pati.

Untuk menguji soal keabsahan dokumen amdal, Purwadi meminta warga untuk menyerahkan kepada penegak hukum yang saat ini berlangsung di PTUN Semarang. “Absah tidaknya soal dokumen amdal, kami sudah memberikan data sesuai dengan prosedur. Kalaupun itu ada gugatan dari warga yang berkepentingan, kami hormati keputusan majelis hakim di PTUN Semarang nantinya,” tandasnya. (LISMANTO / SUWOKO)