Pebisnis Batu Akik Diharap Dukung Ekonomi Kreatif

Sejumlah orang saat memandati di stan akik pada Festival Tosan Aji di GOR Mustika. (MURIA NEWS / PRIYO)

BLORA – Demam batu akik terus menyebar dan merambah ke seluruh penjuru daerah. Tidak terkecuali di Kabupaten Blora. Hal ini terlihat pada Festival Tosan Aji IV beberapa waktu lalu di GOR musika. Mereka sangat antusias untuk melihat  batu akik dari beberapa daerah.

“ini bisa membuat para pengrajin lebih giat dan bisa memunculkan kreasi baru bagi para pengrajin. keberadaan batu akik yang sedang booming tidak sekedar bagian dari pelestarian seni dan budaya. Namun juga telah menimbulkan banyak efek positif,” tutur pecinta batu akik Sutikno Slamet Selasa(2/6/2015).

Dia menyebutkan, beberapa dampak positif itu antara lain menumbuhkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan perputaran uang di Kabupaten Blora. Terutama di bidang ekonomi kreatif dengan munculnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pembuatan kerajinan dari batu mulia tersebut.

Menurutnya saat ini batu mulia sedang menjadi tren dan booming di masyarakat. Banyak mereka menggali untuk mendapatkanya. Namun harus ada aturan agar tidak terjadi persoalan baru. Sebab ini mungkin salah satunya juga menyangkut galian C.

“Booming-nya batu akik tentu menjadikan suatu peluang usaha bagi pelaku ekonomi kreatif di Blora, tentu mereka yang memiliki kreativitas bisa menyalurkan seni dan bakatnya untuk mendadapatkan incom untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga dihaapkan dengan maraknya batu akik bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Blora khususnya,” terangnya. (PRIYO / SUWOKO)