Dinperindagkop Miliki Pusat Konsultasi Bisnis UMKM

Muntoha, Kepala Dinperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang. (MURIANEWS / AHMAD FERI)

REMBANG – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) dan UMKM Kabupaten Rembang kini telah memiliki Pusat Konsultasi Bisnis (PKB) bagi pelaku UMKM.

 

Lembaga non-struktural tersebut terinspirasi dari adanya proyek pemberdayaan wirausaha dan ekonomi kaum muda yang dilakukan Plan Indonesia bersama Magistra Utama. Kehadiran lembaga baru ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat berwirausaha dari kalangan pemuda.

”PKB UMKM dibentuk sebagai pengganti LP (Lembaga Perkreditan) UKM yang belakangan diketahui bermasalah. PKB UMKM tidak ada dukungan anggaran, tetapi nantinya anggaran dari tiap bidang (di Dinperindagkop) akan di-manaje, sehingga PKB UMKM tetap bisa berjalan untuk menyiapkan lebih banyak wirausahawan muda,” ujar Muntoha, Kepala Dinperindagkop dan UMKM Rembang, Selasa (2/6/2015).

Muntoha mengaku pernah terlibat sendiri pembekalan calon wirausaha oleh Magistra Utama, dia menilai ada yang berbeda dari pendidikan yang dilakukan Pemerintah dengan yang dilakukan Magistra. Menurutnya satu hal mencolok, adalah cara Magistra Utama membuka mindset wirausaha yang tidak semata mencari bantuan atau bergantung pada pemerintah. 

”Nantinya setiap bantuan alat yang diberikan oleh Pemerintah, tidak akan begitu saja diserahkan. Sebab mereka akan dilatih terlebih dulu di PKB UMKM secara kolektif. Lembaga baru ini juga akan difungsikan sebagai tempat pelatihan dasar sebelum terjun berwirausaha. Sampai saat ini sudah banyak pelaku usaha kecil yang datang untuk berkonsultasi,” kata Muntoha. (AHMAD FERI / SUPRIYADI)