Malam Ini, Teater Garuda dan Sanggar Seni Saka Pentaskan Opera Kolosal

Para pemain Teater Garuda Kudus dan Sanggar Seni Saka Yogyakarta melakukan gladi bersih. Mereka akan mementaskan opera kolosal di gedung JHK Jalan Agil Kusumadya, Kudus, Senin (1/6), pukul 19.00. (MURIANEWS)

KUDUS – Pagelaran opera kolosal, kolaborasi antara Teater Garuda Kudus dan Sanggar Seni Saka Yogyakarta, akan digelar di gedung JHK Jalan Agil Kusumadya, Kudus, Senin (1/6), pukul 19.00.

Pertunjukan itu akan mengangkat cerita lakon “Semburat Tedja Kertabuwana, Elegy Cinta Putri Mandalagiri” karya dan sutradara Dinar Saka.

Menurut Pimpinan Produksi, Muhammad Jesy Zein, cinta adalah fitrah dalam diri manusia. Karenanya, cinta (itu) bisa tumbuh kapan saja, bahkan juga bisa merubah apa saja. “Setidaknya hal inilah yang ingin kami ditegaskan dalam pertunjukan nanti malam,” tuturnya, sebagaimana rilis yang dikirim ke Murianews.com.

Dia menjelaskan, pertunjukan dilatarbelakangi kerjaan tempo dulu.Pentas dibuka dengan cerita perseteruan dua kerajaan. Meski ambisi berperang kedua raja dengan mengorbankan ratusan prajurit  itu sempat terjadi. Namun perang karena ambisi kekuasaan itu kemudian luruh karena putri mahkota dan pangeran kedua kerajaan dikethui saling jatuh cinta.

“Cerita ini sebuah tragedi yang mengorbankan nyawa para raja ini, berakhir happy ending. Ini akan sangat menrik untuk ditonton. Mengingat baru kali ini di Kudus digelar pentas teater dengan melibatkan lebih dari seratus pemain,” katanya.

Jesy menambahkan, mengharmonikan banyak pemain dalam satu panggung, ternyata bukan hal mudah. “Karena untuk bisa mementaskannya nanti, kami butuh proses latihan hampir enam bulan,” tegas Jesy yang juga guru di SMK Duta Karya, Kudus. (SUWOKO)