Ini Caranya LPH Yaphi Cegah Kekerasan Dalam Pertemanan

LPH Yaphi menggelar diskusi remaja terhadap kekerasan dalam berpacaran di Taman Krida Wisata Kudus, Minggu (31/5/2015). (MURIANEWS/EDY SUTRIYONO)

KUDUS – Kekerasan yang dialami seseorang tidak hanya ditemui pada hubungan rumah tangga saja. Melainkan juga bisa ditemui dalam masa menjalin pertemanan spesial atau pacaran.

Sehingga untuk mencegah kekerasan tersebut, Lembaga Pengabdian Hukum (LPH) Yaphi Kudus menggelar diskusi yang bertempat di Taman Krida Wisata, Kudus. Selain Itu, organisasi yang mempunyai misi membela perempuan tersebut, mengajak 50 remaja putra-putri di Kudus untuk mengikuti diskusi tersebut.

”Inti dari diskusi ini adalah memberikan wawasan bagi remaja khusunya perempuan dalam menjalin hubungan spesial atau berpacaran. Sebab selama ini, kejadian kekerasan baik secara fisik, psikis, maupun pelecehan seksual rata-rata menimpa kaum hawa,” kata Triworo Urip Miranti, bagian pendampingan remaja LPH Yaphi.

Perempuan yang akrab disapa Nuning tersebut menjelaskan, dalam kegiatan diskusi ini pihaknya memberikan tugas berkelompok. Tugas itu berupa mengamati gambar, tokoh, serta membuat laporan yang berkaitan dengan kekerasan dalam pacaran. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan solusi terhadap kekerasan yang tertera dalam gambar tersebut. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)