PWI Adakan Seminar Kebangsaan di SMP 1 Jati

Para siswa SMP 1 Jati Kudus menyimak materi yang diberikan narasumber. (MURIANEWS/HANA RATRI)

KUDUS – Sabtu (30/5/2015) pagi hingga sekitar pukul 12.00 WIB para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah cabang Kudus, mengadakan seminar kebangsaan bertajuk “Dialog Membangun Kader Kesetiakawanan Sosial Berkarakter Indonesia”. Acara ini telah digagas setahun lalu dan hari ini acara tersebut kali pertama dilaksanakan di SMP 1 Jati Kudus.

Ketua PWI Kudus, Nur Choiruddin menggagas acara tersebut berasalah dari bentuk keprihatinan para wartawan tentang keadaan sosial yang ada di Indonesia. Mulai dari era orde lama, kemudian berlanjut ke orde baru, hingga ke orde reformasi ini telah terjadi perkembangan dinamika yang membuat orang melihat adanya perbedaan dari orang lain.

”Acara ini kami gagas di SMP 1 Jati Kudus karena anak SMP itu cenderung kritis. Mereka berbeda dengan anak SD dimana anak SD itu kesannya cuek terhadap sesamanya. Sedangkan di SMP ini karena dapat berpikir kritis, maka mereka tahu perbedaan antarteman-temannya. Tetapi adanya perbedaan itu, mereka berada dalam satu kelas. Contohnya tadi, mereka tinggal di tempat yang berbeda-beda tetapi tetap satu kesatuan,” tutur wartawan RCTI ini.

Iyang, sapaan akrab Nur Choiruddin ini juga menegaskan jika Pancasila masih sangat diperlukan dalam era ini. Kaitannya dengan Bhineka Tunggal Ika yang menyimbolkan berbeda-beda tetap satu. Hal itu perlu dibangun kembali agar tercita kader kesetiakawanan sosial berkarakter Indonesia.

Selain bekerja sama dengan SMP 1 Jati, PWI juga bekerja sama dengan Kesbangpol Kabupaten Kudus, Humas Kabupaten Kudus, dan juga beberapa narasumber seperti Ahmad Zakki dari SMK Duta Karya dan Pipiek Isfianti, seniman ternama di Kudus. (HANA RATRI/TITIS W)