Puji Tak Sengaja Ciptakan Karya Lukis Teknik Kruwel

Puji Budi Purwanto (32), pelukis asal Desa Langse, Kecamatan Margorejo tengah melukis kuda menggunakan teknik kruwel di kediamannya, Sabtu (30/5/2015) sore. (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Puji Budi Purwanto (32), pelukis asal Desa Langse, Kecamatan Margorejo, mengaku tidak sengaja saat menemukan cara melukis dengan teknik kruwel.

Teknik ini mengandalkan bolpoin untuk membentuk lingkaran-lingkaran kecil hingga membentuk obyek gambar.

Teknik tersebut ia temukan, saat mengikuti pameran lukis di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 2013. “Waktu itu, saya hanya bawa bolpen sehingga susah melukis dengan teknik pointilis yang mengandalkan titik-titik,” kata Puji kepada murianews.com, Sabtu (30/5/2015).

Dalam keadaan kesal, ia membentuk lingkaran-lingkaran kecil sebagai penggganti teknik pontilis yang menghendaki titik sebagai dasar lukisan. Dari lingkaran kecil yang terakumulasi tersebut, akhirnya membentuk gambar.

“Selanjutnya, saya justru malah suka dengan teknik yang belum pernah saya pelajari itu. Akhirnya saya namakan teknik kruwel,” tuturnya.

Kruwel, kata dia, diambil dari bahasa Jawa yang berarti lingkaran atau bulatan. Saat ini, pesanan lukisannya tembus di pasar luar pulau, seperti Kalimantan. (LISMANTO/SUWOKO)