Produk Industri Kecil Menengah Bisa Dijual di Toko Modern

Toko modern saat dikunjungi Satpol PP ketika mengecek surat izin. (MURIANEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Selama ini banyak toko modern berdiri di Kabupaten Jepara. Namun belum mampu dimaksimalkan oleh industri kecil menengah, untuk dijadikan salah satu tempat perjualan produk mereka. Padahal, hal ini telah diatur dalam aturan mengenai pasar atau toko modern.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Jepara, Florentina Budi Kurniawati menjelaskan, berdasarkan aturan yang ada, sebenarnya produk lokal Jepara bisa dijual di toko-toko modern yang ada. Sayangnya, belum ada produk lokal Jepara yang bisa masuk.

”Sebenarnya produk industri kecil dan menengah bisa masuk di toko modern,” kata Florentina kepada murianews.com.

Menurutnya, meski ada aturan yang mempersilahkan produk industri kecil dan menengah untuk masuk ke toko modern. Namun ada sejumlah aturan yang harus dipenuhi.  ”Standar yang ditentukan di antaranya mengenai lisensi halal, standar kesehatan dari departemen kesehatan (Depkes), hingga kemasan,” paparnya.

Dia menambahkan, keberadaan toko modern tidak boleh hanya dipandang negatif. Sebab sebenarnya pedagang tradisional bisa belajar banyak dari toko modern. Baik soal tampilan, penataan hingga manajemen. (WAHYU KZ/TITIS W)