Pemkab Jepara Gencar Sosialisasikan Program KB

ILUSTRASI

JEPARA – Sadar akan pentingnya peran Keluarga Berencana (KB) dalam mendukung keberhasilan pembangunan, Pemkab Jepara terus mendorong dan mensosialisasikan program KB hingga pelosok Desa.

 

Berbagai kegiatan dan gerakan dilakukan untuk menarik kembali minat masyarakat untuk mengikuti program keluarga berencana. Mulai dari sosialisasi dan penyuluhan, membentuk kader hingga bhakti sosial hingga pemaksimalan Ikatan Penyuluh Keluarga  Berencana (IPeKB).

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (BPPKB), Inah Nuroniah menyatakan sebagai pelaku program KB, IPeKB harus dan terus meningkatkan wawasan dan kinerja, kebersamaan dan gotong royong serta prfesionalitas dalam pelayanan KB.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi  pembinaan kelompok, pelatihan UPPKS, Pelaksanaan KIE, Fasilitator dan Kelompok, Senam pagi bersama masyarakat, kerja bhakti serta pameran hasil produk UPPKS  dan puncaknya adalah pelayanan Keluarga Berencana di PKD yang datanya sudah mencapai 100 calon aseptor.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi sangat mendukung  kegiatan dalam rangka membangkitkan kembali program keluarga berencana. Hal ini penting dalam kerangka membentuk keluarga sejahtera.

”Perlu diketahui bahwa lahan kita sangat terbatas, sementara jumlah penduduk terus berkembang. Jika tidak ada pembatasan dan pencegahan lambat laun akan terjadi ketimpangan bahkan kemiskinan. Karena kurangnya lahan dan ketersedian pangan,” kata Marzuqi. (WAHYU KZ / SUPRIYADI)