Pelukis Pati Ini Temukan Teknik Kruwel

Puji Budi Purwanto, warga Desa Langse, Kecamatan Margorejo, menunjukkan teknis melukis kruwel yang ditemukannya. (MURIA NEWS/LISMANTO)

PATI – Lukisan yang digambar di atas kertas dengan pena memang sudah lumrah ditemukan. Berbeda dengan karya Puji Budi Purwanto, pemuda asal Desa Langse, Kecamatan Margorejo ini menemukan teknik baru dalam melukis, yakni kruwel.

Ia sebut teknik kruwel, mengingat cara melukis obyek gambar dengan cara membuat bulatan-bulatan kecil yang kemudian membentuk gambar. “Yang menamakan teknik kruwel, ya saya sendiri,” ujar Puji saat ditemui murianews.com di kediamannya, Sabtu (30/5/2015) sore.

Hasil lukisan yang diperoleh sepintas sama dengan karya lukis biasa. Namun, jika dilihat dari dekat, terdapat goresan-goresan pena melingkar yang terakumulasi membentuk gambar.

Ia mengaku, saat ini banyak orang yang memesan karyanya untuk berbagai keperluan. Salah satunya, untuk kado hadiah hingga untuk kebutuhan seni. “Untuk lukisan dengan teknik kruwel biasanya saya jual dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu, belum termasuk bingkai,” pungkasnya. (LISMANTO/SUWOKO)