Mau Tahu Dua Toko Moderen yang Diizinkan Melanggar Perda?

Kabid Penertiban dan Penegakan Perda Satpol PP Jepara Nuril Abdillah saat menempelkan aturan Perda tentang jam buka toko modern. (MURIANEWS / WAHYU KZ)

JEPARA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jepara menyatakan ada dua toko modern di Jepara yang dapat beroperasi melebihi batas jam yang ditentukan dalam Perda.

 

Kedua toko modern itu disebut-sebut mendapat keistimewaan dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpada (BPMPPT) Jepara dengan jam operasi selama 18 jam. Padahal sesuai Perda, toko modern hanya boleh beroperasi selama 12 jam, yakni mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 22:00. 

Kabid Penertiban dan Penegakan Perda Satpol PP Jepara Nuril Abdillah menyampaikan, dua toko modern itu adalah toko modern yang terletak di Jalan Kartini, tepatnya di samping rumah dinas wakil bupati Jepara. Satunya lagi toko modern di depan Pasar Kalinyamatan Jepara. Kedua toko modern itu diperbolehkan beroperasi hingga dini hari, pukul 03:00.

”Khusus dua toko modern itu memang diperbolehkan buka sampai jam 03:00. Dasarnya apa? hanya BPMPPT (Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpada) yang tahu,” terang Nuril kepada murianews.com, Sabtu (30/5/2015).

Selain itu, lanjutnya, perlakuan khusus tersebut juga didasarkan atas surat dari Bupati Jepara. Karena itu, pihak Satpol PP tak bisa berbuat banyak untuk menegakkan perda di dua toko tersebut. (WAHYU KZ / SUPRIYADI)