Lukisan Teknik Kruwel Ini Tembus Rp 1,5 Juta

Puji Budi Purwanto (32), pelukis asal Desa Langse, Kecamatan Margorejo tengah mengerjakan karya lukis di rumahnya, Sabtu (30/5/2015) sore. Lukisan yang hanya dikerjakan menggunakan tinta bulpen tersebut tembus Rp 1,5 juta. (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Lukisan yang hanya dibuat menggunakan coretan tinta bolpoin karya pelukis asal Pati, Puji Budi Purwanto (32), pernah dijual seharga Rp 1,5 juta. Lukisan tersebut dibuat dengan cara yang tidak biasa.

Ia menggambar dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil berulang-ulang sampai membentuk gambar sesuai pesanan. Ini yang menurutnya butuh proses lama, sehingga harganya sampai tembus Rp 1,5 juta.

Kendati begitu, ia biasanya menjual lukisan yang dinamai “kruwel” tersebut dengan kisaran Rp 150 ribu. “Yang menentukan mahal tidaknya lukisan ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya luas kertas, tingkat ketebalan lukisan, dan kerumitan,” kata Puji.

Ia mengaku mulai menjual karya lukisnya sejak 2009, usai pulang dari Bali lantaran tiga tahun bekerja sebagai karyawan di pabrik garmen dan setahun menjadi pelukis kanvas.

“Lukisan dengan teknik kruwel biasanya saya jual dengan kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu. Paling mahal hingga Rp 1,5 juta yang pernah saya kirim ke luar pulau,” pungkasnya. (LISMANTO/SUWOKO)