Kurangnya Kesadaran, Peziarah Berdesakan di Pintu Masuk Makam

Sejumlah peziarah keluar usai berziarah dari makam Sunan Kudus melalui pintu masuk. Sehingga saling berdesakan dan berhimpitan terjadi di pintu tersebut. (MURIANEWS/EDY SUTRIYONO)

KUDUS – Kepadatan dan berdesakan yang terjadi di pintu masuk makam Sunan Kudus memang sudah tidak terelakkan lagi. Hal itu dikarenakan kurangnya kesadaran para peziarah yang masih saja keluar usai berziarah lewat pintu masuk. Padahal, pihak Yayasan Menara Kudus telah memberi peringatan tentang jalur keluar semestinya.

”Sebenarnya pintu keluar dari makam itu sudah ada. Yakni berjumlah tiga pintu yang menuju ke utara. Namun kesadaran para peziarah itu kurang, mereka ya keluarnya melewati pintu masuk semula. Sehingga kemacetan di pintu itu sering terjadi,” kata Deny Nur Hakim, staf pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus.

Selain itu, lanjut Deni, sebenarnya pihak penerima tamu peziarah juga sering mengimbau para peziarah. Namun masih saja banyak yang mengabaikan himbauan tersebut.

”Mungkin menurut mereka jalur keluar dari makam Sunan Kudus ke Masjid Menara terlalu berbelok. Sehingga mereka takut ketinggalan rombongan bahkan kesasar,” paparnya.

Menurutnya, masalah kesasar atau ditinggal itu bukan karena pintu keluar yang agak jauh dari masjid. Namun itu tergantung dari pimpinan rombongan yang tertib dan taat aturan pihak menara. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)