Kelompok Kesenian Grobogan Bakal Dibantu Peralatan

Ilustrasi Alat Kesenian

GROBOGAN – Sejumlah kelompok kesenian yang ada di Grobogan bakal mendapat bantuan peralatan dari pemkab setempat melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar).

Bantuan peralatan itu nantinya akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan dari kelompok kesenian tersebut.

”Untuk tahun ini dibidang kebudayaan tidak ada hibah dana. Tapi wujudnya diganti dengan barang-barang atau peralatan dengan tujuan agar kesenian di Kabupaten Grobogan tetap eksis,” kata Plt Kepala Disporabudpar Wiku Handoyo melalui Kabid Kebudayaan Marwoto.

Marwoto menjelaskan, untuk hibah peralatan itu dialokasikan dana dari APBD sebesar Rp 136 juta. Sedangkan jumlah penerima bantuan ada 18 kelompok kesenian yang tersebar di beberapa kecamatan. Nantinya, bantuan peralatan itu akan menjadi milik kelompok dan tidak bisa dimiliki oleh perorangan.

Menurutnya, sebelum hibah peralatan itu diluncurkan, kelompok kesenian itu diundang ke Kantor Disporabudpar untuk mendapat sosialisasi. Hal itu diperlukan agar proses penyaluran hibah itu tidak menyalahi aturan. Mulai dari prosedur pengajuan, pengajuan harga barang, dan pembelian. (DANI AGUS/SUPRIYADI)