Jumlah Guru PAUD di Grobogan Dinilai Belum Ideal

Ilustrasi PAUD

GROBOGAN – Jumlah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Grobogan masih jauh dari ideal. Jumlah tenaga pengajar dengan siswa masih belum memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Karsono, belum lama ini.

Menurutnya, ada lima kelompok yang masuk kategori PAUD, yakni TK, Raudatul Athfal (RA) dan Bustanul Athfal yang masuk kategori formal. Kemudian, ada kategori non formal yang diisi Kelompok Bermain (KB) dan Taman Penitipan Anak (TPA).

Jumlah PAUD yang ada di Grobogan, lanjutnya, ada 1.300 lembaga. Terdiri dari 852 lembaga formal dan 448 lembaga non formal. Untuk jumlah guru di formal sekitar 2.200 orang dan yang di lembaga non formal sekitar 1.200 orang. Sementara jumlah siswa PAUD keseluruhan sekitar 20.000 anak.

Dengan kondisi itu memang jumlah guru dan siswa belum masuk kriteria ideal. Untuk kriteria ideal ketentuannya adalah satu orang guru maksimal mengajar 10 orang anak. Sementara di Grobogan, satu guru masih mengajar sekitar 15 hingga 20 anak.

“Kondisi yang ada memang masih seperti ini. Dan, kondisi ideal ini akan kita usahakan secara bertahap,” terang Karsono. (DANI AGUS/SUWOKO)