Ini Cara Yayasan Menara Kudus Menghindari Peziarah yang Tertinggal Rombongan

Salah satu ketua rombongan mengisi buku tamu sebelum memasuki makam Sunan Kudus. Hal itu dilakukan untuk menghindari peziarah tertinggal rombongannya. (MURIANEWS/EDY SUTRIYONO)

KUDUS – Untuk mengantisipasi ketertinggalan peziarah dengan rombongannya, maka pihak Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus mengharapkan ketua rombongan peziarah, untuk tertib mengisi buku tamu.

Hal itu diupayakan bila ada salah seorang peziarah yang ditinggal rombongannya, lantaran kesasar bisa melapor kepada penerima tamu.

”Untuk pengisian buku tamu, kami sering mengimbau kepada seluruh peziarah. Sebab dalam buku tamu itu tertera nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor telepon . Selain itu, pengisian buku tamu juga berguna untukmenghubungi salah satu ketua rombongan yang memang ada anggotanya masih tertinggal di area Makam Sunan Kudus lantaran kesasar,” kata Deni Nur Hakim, staf pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus.

Menurutnya, dengan mengisi buku tamu tersebut, setidaknya dapat menghindari kejadian semacam itu. Sebab selama ini memang sering terjadi ketertinggalan anggota dari rombongan peziarah tersebut. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)