Grobogan Produksi Melon Terbesar di Jateng

Petani di Grobogan memilih menanam melon karena hasilnya yang cukup bisa diandalkan. Tak heran kabupaten terbesar kedua di Jateng ini menjadi daerah penghasil melon terbesar di Jateng. (MURIA NEWS/DANI AGUS)

GROBOGAN – Selain jagung, produksi melon di Grobogan ternyata juga cukup tinggi. Bahkan, hasil panen buah yang punya rasa manis ini menjadi yang terbesar di Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Harikultura Grobogan Edhie Sudaryanto belum lama ini.

Menurut Edhie, luas areal melon di Grobogan saat ini berkisar 500 hektare dengan total produksi sekitar 9 ribu ton per tahun. Areal melon ini tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Toroh, Godong, Purwodadi, Klambu dan terbesar ada di Kecamatan Penawangan.

“Sebagian besar melon yang ada di pasar besar atau swalayan adalah hasil produksi petani Grobogan. Jadi, selain padi, jagung, dan kedelai, produksi melon sini mulai dikenal luas karena kualitasnya sangat bagus,” tegasnya.

 Masih dikatakannya, penanaman melon itu biasanya dilakukan sebagai selingan pasca panen padi. Selain melon, beberapa komoditas pertanian lainnya juga mulai diminati para petani. Seperti, cabe dan bawang merah. (DANI AGUS/SUWOKO)