Dukungan Calon Independen Bakal Dicek Semua

GROBOGAN – Meski diperbolehkan sesuai aturan, namun calon independen atau perseorangan yang akan maju dalam Pilkada 9 Desember nanti harus melengkapi persyaratan berat.

Salah satunya adalah harus didukung minimal 91.802 orang yang dibuktikan dengan foto kopi dan tandatangan.  Yang lebih berat lagi, semua dukungan yang diberikan itu nantinya akan dicek seluruhnya.

”Kalau dulu, pengecekan dukungan itu dilakukan model sampling. Untuk saat ini, pendukung calon independen akan dicek semua,” kata Komisioner KPU Grobogan Sakta Abaway Sakan.

Menurutnya, pemberi dukungan itu nantinya akan didatangi di alamat yang tertera sesuai dengan KTP. Jika tidak ditemukan pada saat diverifikasi, mereka nantinya bisa dikumpulkan di satu tempat dan dicek bersamaan oleh pihak panitia pemungutan suara (PPS) setempat.

Ditambahkan, jumlah angka dukungan bagi calon perseorangan itu dihitung berdasarkan prosentase jumlah penduduk. Yakni, besarnya adalah 6,5 persen dari jumlah penduduk sebanyak 1.412.325 orang. (DANI AGUS/TITIS W)