Dihargai 1 Unit Mobil, Sudarno Emoh Lepas Batu Giok Bermotif Kuntilanak

Batu Giok bermotif 3D milik perajin batu akik asal Kemadu Sulang, Sudarno. Sebagian kolektor dan pencinta motif batu menyebut pola gambar yang ada di batu ini berbentuk perempuan (Dewi Lanjar dan Dewi Sumbi), kepala harimau dan si kuntilanak alias si

REMBANG – Batu Giok bermotif tiga dimensi (3D) bermotif kuntilanak ternyata menarik minat para kolektor dan pencinta seni motif batu mulai untuk memburunya.

Bahkan sudah ada yang menghargai batu tersebut dengan satu unit mobil senilai puluhan juta. Namun sang pemilik, perajin batu akik asal RT 01 RW 06 Desa Kemadu Kecamatan Sulang, Sudarno, masih enggan melepas batu mulia yang disebut-sebut memiliki empat model gambar tersebut.

”Belum lama ini memang sempat ada yang menawarnya dengan satu unit mobil, bahkan langsung dibawa ke rumah. Namun saya belum berpikir untuk melepasnya, apalagi sangat susah untuk menemukan motif unik seperti itu,” ujar Sudarno kepada MuriaNews.Com pada Senin (25/5/2015).

Sudarno menyebutkan akan berpikir ulang jika ada kolektor atau pencinta seni motif batu mulia menghargai hasil karyanya dengan dua unit mobil. Menurutnya harga tersebut setimpal dengan nilai seni yang ada di dalam motif batu miliknya. Motif perempuan yang disebut-sebut sebagai sosok Dewi Lanjar dan Dewi Sumbi serta motif kepala harimau dan Kuntilanak menjadi pendongkrak harga yang fantastis.

”Faktor keberuntungan menemukan motif tersebut itu tidak semudah yang kita bayangkan. Mungkin bisa juga dikatakan langka, jika ada yang mau menghargai karya seni ini dengan nilai yang lebih tinggi mungkin akan saya lepas, ya minimal dua unit mobil lah,” kata Sudarno. (AHMAD FERI/SUPRIYADI)