Batu Giok Motif Kuntilanak Gegerkan Warga Rembang

Batu Giyok bermotif 3D milik perajin batu akik asal Kemadu Sulang, Sudarno. Sebagian kolektor dan pencinta motif batu menyebut pola gambar yang ada di batu ini berbentuk perempuan (Dewi Lanjar dan Dewi Sumbi), kepala harimau dan si kuntilanak alias si

REMBANG – Usai dihebohkan dengan penemuan Batu Rubi, kini masyarakat Desa Kemadu, Kecamatan Sulang, Rembang kembali dihebohkan dengan Batu Giok bermotif tiga dimensi (3D) bermotif kuntilanak.

Tak hanya, warga Rembang, para kolektor maupun pencinta motif batu mulia dari luar daerah turut bertandang ke pemilik batu untuk melihat secara langsung batu tersebut. Pemilik batu tersebut adalah seorang pemrakarsa Komunitas Wahyu sekaligus perajin Batu Akik asal RT 01/RW 06 Desa Kemadu, Sudarno.

Sudarno menyatakan sebagian kolektor dan pencinta motif batu menyebut pola gambar yang ada di batu tersebut berbentuk perempuan, yakni Dewi Lanjar dan Dewi Sumbi. Namun ada pula sebagian kalangan yang menilai berbentuk kepala harimau. Namun dia sendiri memiliki keyakinan bahwa batu itu bermotif Kuntilanak alias si “sundelbolong”. 

“Lalu sebagian lagi ada juga yang menyebut mirip Bunda Maria, namun dari berbagai penilai dari masyarakat tersebut saya tidak menjelaskan secara detail tentang motif itu. Namun kalau untuk motif Kuntilanak sesuai penilaian secara pribadi, saya bisa menjelaskan bagaimana motif itu mulai dari awal pembuatan hingga detail bentuknya,” ujar Sudarno kepada MuriaNews.Com, Senin (25/5/2015). (AHMAD FERI/SUPRIYADI)