Masih Keturunan Sunan Ngerang, Haryanto Dinilai Layak Terima Gelar Bangsawan

Bupati Pati Haryanto menerima gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta. (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Pengamat budaya Nur Nasyroh Hadiningrat mengatakan, pemberian gelar bangsawan Keraton Kasunanan Surakarta untuk Bupati Pati Haryanto tidak memuat unsur politis.

 

Hal ini disampaikan, setelah adanya isu muatan politis di balik pemberian gelar untuk orang nomor satu di Pati tersebut. “Kami menilai, Pak Haryanto memang salah satu keturunan Sunan Ngerang yang merupakan leluhur dari raja-raja Jawa hingga sekarang. Tidak ada unsur politis,” sangkalnya saat dikonfirmasi murianews.com, Senin (11/5/2015).

Ia menambahkan, pemberian gelar tersebut didasarkan pada faktor nasab atau keturunan. “Pemberian gelar murni sebagai ucapan terima kasih dan tidak ada unsur politis yang melatarbelakangi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Pati dan Surakarta di masa lalu dengan masa kini sudah beda. Dulu, lanjut dia, kerajaan di tanah Jawa saling berkompetisi untuk mempertahankan dominasi.

“Tapi kan sekarang eranya sudah beda. Bupati Pati sekarang dipilih oleh rakyat secara langsung melalui proses demokrasi. Konteksnya saat ini sudah untuk NKRI, bukan semangat kedaerahan lagi,” tandasnya. (LISMANTO/ALI MUNTOHA)