Mindset Entrepreneur Perlu Ditata Sejak Dini

Dharma Kusuma memberikan pemaparan tentang entrepreneurship di UMK, kemarin. (MURIA NEWS/AYU KHAZMI)

KUDUS – Bekerja adalah suatu hal yang tentu akan dilakukan oleh semua orang untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Tidak hanya orang dewasa, bahkan kini anak-anak di bawah umur pun sudah melakukan pekerjaan untuk dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dharma Kusuma, salah satu entrepreneur dari Universitas Ciputra Entrepreneurship Center Jakarta mengatakan, kesalahan yang tidak disadari oleh masyarakat dalam hidup adalah penanaman mindset tentang pekerjaan. Dalam seminar yang diadakan Universitas Muria Kudus (UMK), kemarin, dirinya memaparkan kondisi masyarakat Indonesia yang saling bersaing untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

“Saat kecil hingga duduk di bangku kuliah sering kali orang berkata untuk mengenyam pendidikan tinggi agar mudah dalam mendapatkan pekerjaan,” ujarnya. Hal tersebut yang membuat hingga kini lapangan pekerjaan seperti menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan perusahaan diperebutkan banyak orang.

Padahal, lanjutnya, yang dapat memajukan indonesia adalah bagaimana dapat menciptakan dan mengembangkan lapangan pekerjaan baru. Terutama bagi para sarjana, agar tidak semakin banyak pengangguran terdidik. “Dan penataan mindset tersebut yang pertama harus dilakukan sejak dini,” tegasnya. (AYU KHAZMI/SUWOKO)