Lulusan SMA di Kudus ini Mampu Hasilkan Rp 27 juta Per Bulan

Arief Sukma Kurniawan sedang berada di kandang ayam miliknya. Kini, dari usahannya tersebut, dirinya mampu menghasilkan Rp 27 juta perbulan (MURIANEWS / M IQBAL NA’IMY)

KUDUS – Menyadari hanya lulusan jenjang SMA, Arief Sukma Kurniawan (24) tak berpikir untuk bisa menjadi pegawai kantoran. Bahkan, dalam mencari pekerjaan, dirinya hanya bermodalkan kemauan dan kenekatan. Siapa sangka,dari kenekatannya itu berbuah cerita indah.

Pada 2011 lalu, dirinya mulai menekuni ternak ayam. Hal ini berawal ketika mertuanya pada saat itu sakit, sehingga tak sempat lagi mengurusi peternakan ayam. Sehingga, dirinya berinisiatif untuk mengelola peternakan tersebut, ketimbang disewakan ke orang lain.

Pada dua periode pertama, katanya, dirinya menemui banyak kendala, yakni ayam yang dipeliharanya banyak yang sakit dan mati.  Melihat kondisi ini, katanya dirinya mau tak mau harus menimba ilmu.

”Saya pergi ke Magelang, Kulonprogo dan Gunung Kidul untuk menimba ilmu. Hasilnya, obat-obatan kimia yang selama ini saya gunakan, kemudian saya tinggalkan dan beralih ke obat herbal,” kata warga Desa Margorejo RT 5 RW 6, Dawe, Kudus.

Benar saja, di periode ke-3, setelah menyesuaikan jenis obat dengan musim, hasil panen meningkat dratis. Perlahan namun pasti suami dari Risti menuai rupiah dari kerja kerasnya tersebut.

Peternakan Arief tidaklah luas. Didalam kandang ukuran sekitar 72 x 9 meter, hanya mampu menampung 5000 ekor ayam dan satu kandang lagi berukuran separuhnya yang diisi 3000 ekor ayam.

Hingga kini, katanya dirinya mampu menghasilkan omzet hingga Rp 27 juta per bulan untuk pendapatan kotor, sehingga untuk pendapatan bersih Arief bisa mengantongi Rp 20 juta setiap kali panen. 

”Itu belum termasuk insentif dan bonus dari pasar. Angka kematian ayam tergolong wajar, sekitar 200 ekor,” katanya. (M IQBAL NA’IMY / KHOLISTIONO)