Peserta Jambore Daerah dari Kudus Diminta Kompak

Sabari, pengurus Kwarcab Kudus. (MURIA NEWS / EDY SUTRIYONO)

KUDUS – Para peserta Jambore Daerah dari Kudus diminta untuk kompak. Peserta yang dipilih melalui perekrutan sejumlah sekolah tersebut, akan mengikuti Jambore Agustus mendatang di Semarang.

“Peserta latihan ini dipilih dari berbeda-beda sekolah. Baik dari SMP dan MTs se-Kabupaten Kudus. Namun itu semua tidak menjadi halangan untuk menumbuhkan kekompakan. Meskipun masih ada rasa ewoh-pekewoh, bagaimanapun kekompakan harus dijaga,” kata Aris Mahmud, peserta latihan dari SMP 1 jati.

Pramuka Kwartir Cabang (kwarcab) Kudus telah melakukan persiapan untuk mengikuti Jambore Daerah yang akan dilaksanakan di Karanggeneng, Semarang, Agustus mendatang. Latihan dilakukan selama empat hari, untuk merekrut peserta.

“Latihan ini diikuti oleh penggalang SMP, MTs negeri swasta yang ada di Kudus. Setiap sekolah mengirimkan sebanyak dua perwakilan. Yakni ketua regu penggalang putra dan putri,” kata Sabari, pengurus Kwarcab Kudus.

Menurutnya, latihan dimulai sejak Senin lalu dan akan berakhir Kamis besok. Latihan itu sekaligus membidik peserta yang akan diikutsertakan ke Jambore Daerah mendatang. Dalam latihan ini setiap siswa atau peserta diberikan pelatihan secara beregu.

”Dengan danya latihan secara beregu, akan dapat mempermudah pemantauan terhadap kemampuan anak. Sebab dalam Jambore Daerah, akan dikirimkan peserta sebanyak empat regu atau 40 peserta. (EDY SUTRIYONO / SUWOKO)