Saluran Irigasi Bulumulyo Dinormalisasi

Sejumlah TNI dari jajaran Kodim 0718 Pati bersama dengan masyarakat turun ke sawah untuk membersihkan saluran irigasi. (KOMA / LISMANTO)

PATI – Sejumlah TNI dari jajaran Kodim 0718 Pati bersama dengan masyarakat turun ke sawah untuk membersihkan saluran irigasi yang tersumbat rumput di areal persawahan Desa Bulumulyo, Kecamatan Batangan, Kamis (30/4).

 

Hal ini dilakukan untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional yang dicanangkan pemerintah. Komandan Rayon Militer 15 Batangan Kapten Infantri M Sofii, mengatakan, saluran irigasi punya peran penting untuk memberikan suplai pada tanaman sawah.

”Saluran irigasi itu penting untuk pengairan. Kalau saluran irigasi bermasalah, hasil pertanian juga bermasalah. Akhirnya berpengaruh pada swasembada pangan,” ujarnya kepada murianews.com.
Sementara itu, Koordinator Wilayah BPSDA Seluna, Suradi, mengatakan, normalisasi saluran irigasi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air selama musim tanam kedua.
”Kami mengampu saluran irigasi dengan total panjang 28,108 kilometer, dengan luas persawahan hingga 2.617 hektar. Kalau tidak dinormalisasi, masa tanam kedua terancam tidak mendapatkan suplai air yang lancar,” pungkasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)