Warga Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora Minta Sungai Lusi Dibendung

BLORA – Warga Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora, meminta Pemkab Blora agar membuat bendung di Sungai Lusi, dan dialirkan ke lahan pertanian. Sebab selama ini, sungai terpanjang di Blora ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

Sukardi, petani di desa tersebut mengatakan, sungai itu seharusnya bisa menyuplai kebutuhan air di lahan pertanian, baik saat kemarau dan musim hujan. Permintaan itu pun sempat disampaikan langsung ke bupati Blora saat menggelar kerja bakti bersama, beberapa waktu lalu.

”Kami menyampaikan harapan agar Sungai Lusi bisa dibendung, sehingga bisa untuk pengairan sawah yang ada di sekitarnya,” katanya, kemarin.

Menurutnya, Sungai Lusi saat musim hujan airnya dibiarkan mengalir begitu saja. Sedangkan saat musim kemarau air sungai habis, dan bahkan bisa untuk bermain dan berkendaraan. Dengan dibendung, maka aliran air yang ada pastinya akan bisa di manfaatkan petani yang ada di Kelurahan Mlangsen dan sekitarnya.

”Kalau ini dilakukan, tentunya petani bisa tanam padi dua kali bahkan bisa lebih. Karena selama ini hanya satu kali saja,” harap Sukardi.

Dia melihat Sungai Lusi justru dinikmati kabupaten lain, khususnya Grobogan, dengan membendungnya. Namun bila dibendung, maka yang akan menikmati bukan hanya petani dari Mlangsen saja, tetapi juga desa-desa yang ada di sekitarnya.”Kami sangat berharap Sungai Lusi ini bisa dibendung, dan jika terwujud tentu anak cucu kita yang akan menikmati,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho menganggap permintaan petani sangat tepat, dan akan sangat bermanfaat. Sebab saat ini pemerintah sedang menggalakan swasembada pangan. ”Usulan ini nanti akan dirapatkan dengan instansi terkait,” jelasnya.

Menurutnya hal ini tentu diharapkan nantinya bisa membantu meningkatkan swasembada pangan, kususnya untuk Blora. Apalagi saat ini pemerintah sedang membuat bendungan raksasa di Jurangjero.

”Kalau memang sangat bermanfaat, nantinya akan segera dikoordinasi. Namun demikian setelah dibendung, diharapkan benar-benar bisa dimanfaatkan agar hasil panen meningkat,” harapnya. (Priyo / Ali Muntoha)