Lenovo IdeaPad Warnai Pasar Lokal

Lenovo merupakan salah satu perangkat eletronik yang masuk dalam jajaran merek paling dicari konsumen. Kini, Lenovo menghadirkan produk Lenovo IdeaPad G40-45 dengan tiga varian sekaligus. Lenovo sengaja menawarkan notebook ini dalam berdasarkan bekal Accelerated Processing Unit (APU) yang dibawa.

Sofiatun, salah satu karyawan di Sinar Jaya di Jalan Sunan Muria Nomor 9 Kudus mengatakan spesifikasi umum ketiga varian notebook Lenovo IdeaPad G40-45 ini relatif sama. ”Ketiganya hadir dengan layar 14 inci berteknologi WXGA LED,” ujarnya. 

Memiliki kapasitas hard disk sebesar 500GB yang cukup memadai untuk menyimpan berbagai data seperti musik, film, galeri foto, video, dan pekerjaan kantor atau aplikasi yang membutuhkan ruang simpan yang cukup besar. Dengan bobot 2,1 kg, seri Lenovo ini cukup mudah untuk dibawa ke mana pun.

Ketiga varian yang ditawarkan Lenovo, merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Varian pertama menggunakan prosesor AMD A8-6410 APU dengan empat buah inti (quad-core) berkecepatan 2.0 GHz. Kecepatan ini dapat dipacu hingga 2.4GHz ketika Turbo Core diaktifkan.

Varian pertama ini tampil lebih superior jika dibandingkan dengan ketiga varian lainnya. Sebab dilengkapi dengan Dual GPU yaitu AMD Radeon R5 Series. Ditambah dengan APU dengan kecepatan 800MHz yang akan lebih hemat baterai. Grafis diskrit AMD Radeon R5 M230 juga telah disematkan. Grafis ini memiliki performa lebih baik bahkan bisa menjalankan aplikasi dan game 3D dengan lancar. Sehingga notebook ini cocok untuk anak muda yang produktif.

Varian kedua menggunakan prosesor AMD A6-6310 APU yang merupakan prosessor quad-core, memiliki kecepatan yang serupa dengan varian pertama. Hanya pada bagian grafis dilengkapi dengan AMD Radeon R4 Series. Berbeda dengan seri pertama dengan R5 series. Dan mampu berjalan dikecepatan 1.8 Ghz hingga 2.4 Ghz jika Turbo Core diaktifkan.

Varian ketiga menawarkan prosesor AMD Essential E1-6010 APU, prosesor yang memiliki dua inti (dual-core) dan terintegrasi dengan grafis AMD Radeon R2 Series berkecepatan 350MHz. Perpaduan dua komponen ini menghasilkan kecepatan 1,35GHz dan memiliki keunggulan di daya tahan baterai yang paling lama antara varian yang lain.

Dari ketiga varian tersebut, lanjutnya, seri ketiga dengan prosesor AMD Essential E1-6010 APU yang menjadi buruan masyarakat. Berdasarkan harga, seri ketiga tersebut merupakan yang paling murah. Serta cocok untuk kebutuhan keseharian. ”Kisaran harga Rp 3,5 juta dengan performa yang sudah mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari. Mungkin hal ini yang menjadi dasar pertimbangan masyarakat,” pungkasnya. (Ayu Khazmi / Akrom Hazami)