Fisik Penggawa PSIR Digeber

REMBANG – Dalam rangka menggeber pertahanan fisik para pemain, juru racik PSIR mulai menyiapkan sekaligus menerapkan menu latihan fisik secara khusus. Kali ini ke-25 pasukan tempur Laskar Dampo Awang ditempa kemampuan stamina dengan menggelar latihan rutin di kawasan pergunungan setempat. 

Pada Selasa (31/3), giliran tangga di Pasujudan Sunan Bonang menjadi tempat menempa fisik. Selama dua jam penuh, para penggawa tim yang juga dijuluki The Oranje of Java ini diwajibkan naik turun sekitar 200 anak tangga di lokasi wisata religi tersebut.

”Latihan seperti itu memang untuk menjaga ketahanan fisik pemain. Sebelum saat bertandang ke markas Persijap Jepara, para pemain sebenarnya sudah pernah menjalani latihan serupa,” ujar Asisten Pelatih PSIR Rudi Sukma, kemarin.

Selain pasujudan, kawasan terjal di Pegunungan Kajar juga menjadi lokasi favorit baginya. Selain udara yang sejuk, kawasan Kajar dinilainya sangat tepat mempercepat pemulihan kondisi fisik anak didiknya. Bahkan dia mengklaim hasil latihan itu membuat pemain lebih percaya diri dengan kualitas fisiknya selama bertanding. 

”Uji coba bisa dipikir belakangan. Yang terpenting saat ini adalah seluruh pemain sudah tahu apa yang menjadi kekurangan mereka, yakni ketahanan fisik,” kata Rudy.

Demi menyukseskan latihan ketahanan fisik yang prima, diperlukan dua hingga tiga kali latihan lagi. Menurutnya lokasinya juga bergeser dari tangga Pasujudan Sunan Bonang menuju Perbukitan Ceriwik Kecamatan Pancur. 

Namun rencana tersebut tidak menjadi menu wajib. Pasalnya, pada saat uji fisik di Pegunungan Kajar belum semua pemain kuat melahap tujuh kali latihan.  Jika gagal di Ceriwik, maka alternatifnya tetap melanjutkan berlatih di Pegunungan Kajar. 

”Soal lokasi uji fisik lainnya, ada dua tempat yang juga kami pertimbangkan, yakni Bumi Perkemahan Karangsari Park dan Pantai Caruban atau Karangjahe. Tetapi para pemainnya nampak kurang bersemangat dengan dua lokasi tersebut. Yang jelas, pemain mesti menikmati tes fisik menjelang kompetisi,” paparnya.  (Ahmad Feri / Supriyadi)