Panitia Pilkades di Seluruh Kabupaten Pati Diminta Netral

PATI – Bupati Pati Haryanto meminta secara tegas kepada panitia pemilihan kepala desa (pilkades) untuk bersikap netral, dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Mereka diminta tidak menyalahgunakan wewenang, dalam proses demokrasi tersebut.

Haryanto menyatakan, panitia merupakan fasilitator saja untuk penjaringan bakal calon, hingga pelaksanaan pilkades. Sehingga tidak berkenan terlibat aktif dalam berpolitik. Seperti halnya berpihak kepada salah satu calon.
”Semuanya harus mengacu terhadap perundang-undangan, perda maupun perbub dalam melaksanakan pilkades ini. Sehingga, pelakanaan pilkades benar-benar berjalan sesuai aturan,” ujarnya kepada Koran Muria, kemarin (27/2).
Dalam hal ini, dirinya juga mengimbau agar panitia tidak menambah atau mengurangi persyaratan bakal calon atau calon, di luar ketentuan yang ada.
Bukan hanya itu saja, Haryanti juga menegaskan, jika dalam pelaksanaan pilkades ini tidak boleh ada indikasi keperpihakan panitia. Seperti halnya terkait hubungan keluarga, kerabat, teman atau lain sebagainya.
”Harus netral, jangan sampai malah panitia nantinya ada indikasi keperpihakan kepada calon tertentu. Meski dalam keseharian mungkin saling berjumpa, karena berada di satu desa. Namun hal itu tidak boleh menjadikan adanya keberpihakan,” ungkapnya.
Ia juga mengatakan, pilkades yang dilakukan serentak kali ini bertujuan agar roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan lebih baik. Selain itu, pemerintahan desa yang telah terbentuk, bisa segera menyusun anggaran desa.
Agar dana pembangunan desa, dapat segera dirasakan masyarakat.
Dengan selesainya pilkades dan terpilihnya kades definitif nanti, kata Haryanto, maka kades terpilih harus segera menjalankan roda pemerintahan desa, pembangunan dan kemasyarakatan.
Dalam hal ini, dirinya juga menyampaikan jika Pemkab Pati menggelontorkan anggaran senilai Rp 9,7 miliar kepada 220 desa, untuk digunakan membantu pihak pemerintah desa (pemdes), dalam penyelenggaraan hajatan pilkades serentak.(Kholistiono / Ali Muntoha)